Template by:
Free Blog Templates

Sabtu, 18 Oktober 2008

CANDI????


Semalam aku melihat liputan sebuah situs candi peninggalan dari kerajaan Mataram pada abad ke-9 di sebuah stasiun TV swasta. Candi yang lebih dikenal dengan nama Candi Dieng itu ternyata sampai sekarang masih tetap berdiri kokoh meski usianya yang sudah teramat tua mengingat bahwa kerajaan Mataram adalah kerajaan tertua yang pernah ada di Indonesia.
Bicara soal candi, aku jadi teringat kalau di daerah dekat tempat tinggal aku ± 16 km juga terdapat sebuah candi tepatnya di desa Jabung. Mungkin teman-teman semua sudah pernah mendengar nama Candi tersebut?
Yap, candi tersebut adalah Candi Jabung. Begitu sampai di lokasi candi aku begitu terpesona dengan bentuk dan warna tekstur candi yang seolah-olah aku seperti kembali ke jaman dahulu. Halamannya tertata rapi dan bersih begitu juga dengan taman penghias yang ada di sekitarnya tampak terawatt. Namun sayang waktu aku kesana bersama pacarku petugas jaga candi sedang tidak ada di tempatnya? Entah apakah dia sedang libur atau sekedar istirahat aku tidak tahu persis? Yang pasti setelah ± 30 menit menunggu tapi juga tak kunjung datang akhirnya kami memutuskan untuk pulang karena waktu itu kami sedang dalam perjalanan pulang dari jalan-jalan ke Paiton dan kebetulan lewat Jabung. Berhubung aku tidak pernah ke Candi Jabung dan juga penasaran pengen tahu seperti apa bentuk Candi Jabung, akhirnya kami memutuskan untuk mampir sekedar untuk melihat-lihat bentuk candinya.
Setelah itu kami berangkat pulang karena hari sudah tampak semakin gelap, apalagi aku sedang bawa cewek jadi rasanya kurang enak kalau pulang terlalu malam.

0 komentar:

Posting Komentar